Rabu, 08 April 2015

Materi Manajemen Media Massa


Karakter Media Massa
Media Massa (Mass Media) sering disingkat jadi “media” saja adalah channel, media/medium, saluran, sarana, atau alat yang dipergunakan dalam proses komunikasi massa, yakni komunikasi yang diarahkan kepada orang banyak (channel of mass communication). Komunikasi massa sendiri merupakan kependekan dari komunikasi melalui media massa (communicate with media).
Jenis Media Massa :
  • Media massa adalahsarana penyampai pesan yang berhubungan langsung dengan masyarakat luas misalnya radiio, televisi, dan surat kabar”.
  • Media Massa berasal dari bahasa Inggris yaitu mass yang berarti kelompok atau kumpulan. Dengan demikian, pengertian media massa adalah perantara atau alat-alat yang digunakan oleh massa dalam hubungannya  satu sama lain (Soehadi, 1978:38).
  • Yang termasuk media massa terutama adalah surat kabar, majalah, radio, televisi, dan film sebagai The Big Five of Mass Media (Lima Besar Media Massa), juga internet (cybermedia, media online).
1. Media Massa Cetak (Printed Media).

Media massa yang dicetak dalam lembaran kertas. Dari segi formatnya dan ukuran kertas,media massa cetak secara rinci meliputi : 
  • Koran atau Suratkabar (ukuran kertas broadsheet 7 kolom)
  • Tabloid (1/2 broadsheet)
  • Majalah (1/2 tabloid atau kertas ukuran folio/kwarto)
  • Buku (1/2 majalah)
  • Newsletter (folio/kwarto, jumlah halaman lazimnya 4-8)
  • Buletin (1/2 majalah, jumlah halaman lazimnya 4-8).
Isi media massa umumnya terbagi tiga bagian atau tiga jenis tulisan: berita, opini, dan feature.

2. Media Massa Elektronik (Electronic Media

Jenis media massa yang isinya disebarluaskan melalui suara dan gambar dengan menggunakan teknologi elektro, seperti radio, televisi dan film. 

3. Media Online (Online Media
Yakni media massa yang dapat kita temukan di internet (situs web).

Peran Media Massa (Denis McQuail)
  • Industri pencipta lapangan kerja, barang, dan jasa serta menghidupkan industri lain utamanya dalam periklanan/promosi.
  • Sumber kekuatanalat kontrol, manajemen, dan inovasi masyarakat.
  • Lokasi (forum) untuk menampilkan peristiwa masyarakat.
  • Wahana pengembangan kebudayaantatacara, mode, gaya hidup, dan norma.
  • Sumber dominan pencipta citra individu, kelompok, dan masyarakat.
  • SIUPP : Surat Ijin Usaha Penerbitan Pers

Karakteristik Media Massa
  • Publisitas : disebarluaskan kepada publik, khalayak, atau orang banyak.
  • Universalitas : pesannya bersifat umum, tentang segala aspek kehidupan dan semua peristiwa di berbagai tempat, juga menyangkut kepentingan umum karena sasaran dan pendengarnya orang banyak (masyarakat umum).
  • Periodisitas : tetap atau berkala, misalnya harian atau mingguan, atau siaran sekian jam per hari.
  • Kontinuitas berkesinambungan atau terus-menerus sesuai dengan priode mengudara atau jadwal terbit.
  • Aktualitas : berisi hal-hal baru, seperti informasi atau laporan peristiwa terbaru, tips barudan sebagainya. Aktualitas juga berarti kecepatan penyampaian informasi kepada publik.

Fungsi Media Massa (Harold D. Laswell)
  • Informasi (to inform)
  • Mendidik (to educate)
  • Menghibur (to entertain)
Fungsi Media (UU. No. 40 Tahun 1999 Tentang PERS)
  • Menginformasikan (to inform)
  • Mendidik (to educate)
  • Menghibur (to entertain)
  • Pengawasan Sosial (social control) ; pengawas perilaku publik dan penguasa.



MANAJEMEN PENERBITAN MEDIA CETAK

Unsur Pers
  • Medianya : Suratkabar, majalah, dan telvisi dalam menyampaikan informasi. Cara penyampaian berbeda.
  • Isinya : surat kabar menjual kolom dan iklan, televisi menjual waktu yang  diisi program dan sponsor.
  • SDMnya : Pekerja pers (redaktur,wartawan, fotografer, disainer, kartunis dan printer)
Pengertian 
  • Penerbitan pers  cetak adalah: persuratkabaran yaitu  lembaga mengelola informasi terdiri dari fakta dan opini yang disajikan kepada masyarakat sebagai salah satu komoditi.
  • Pers secara melembaga dapat dikelola secara organisasi, punya tata laksana, dan tata administrasi.
Pengertian Manajemen

Berasal dari Bahasa Inggris Management dan Italia manaj (iare) berarti memimpin, membimbing dan mengatur. Manajemen terdiri atas POAC (planning, Organizing, Acting,Controling.
  • Planningpenetapan tujuan, penetapan aturan, penyusunan rencana.
  • Organizing: pembentukan bagian-bagian, pembagian tugas,pengelompokan pegawai.
  • Actingmelaksanakan tugas, memproduksi, mengemas produk, menjual produk dan selanjutnya.
  • Controlingpelaksanaan tugas, menyeleksi produk, mengevaluasi penjualan.
Manusia membutuhkan media massa karena ;
  • Mengetahui apa yang penting dan perlu
  • Membantu mengambil Keputusan
  • Memperoleh informasi
  • Memberikan perasaan ikut serta dalam   kejadian
  • Memberikan penguatan atas pendapat
  • Mencari konfirmasi
  • Memperoleh rileksasi dan hiburan

Pengusaha Media Massa Harus Memperhatikan :
  • Keinginan kastemer (Pembaca)
  • Kecendrungan Perubahan sosial
  • Kiat-kiat kompetitor
  • Mengamati perubahan teknologi, ekonomi, politik dan sosial
Langkah Efektif Dalam Penataan Ulang Proses Bisnis Penerbitan PERS
  • Memulai dari TOP Management
  • Merapatkan barisan pelaksana tingkat middle management.
  • Membentuk tim evaluasi pengembangan usaha yg terdiri dari ; Manajemen tingkat menengah, Manajemen kebawah dan Tim khusus
Manajemen yang Sehat :
  • Peluang usaha
  • Kemampuan Sumberdaya Manusia
  • Perhitungan Modal
  • Unsur-Unsur Depresiasi lain di Perusahaan.

Langkah Efektif Dalam Penataan Ulang Proses Penerbitan Pers :
  • Memulai dari top management.
  • Manajer harus meningkatkan pembinaan terhadap staf-staf yang menolak perubahan organisasi.
  • Membentuk tim evaluasi pengembangan usaha  yang terdiri dari kelompok  mencakup manajemen tingkat menengah, manajemen tingkat bawah dan tim khusus.

Pendapatan Penerbitan PERS bersumber dari :

1. Menjual Produk 
- Penjualan tetap (langganan)
- Penjualan tidak tetap(retail/eceran)
- Penjualan secara barter (tukar barang)
2. Menjual Kolom
3. Menjual jasa


Struktur Manajemen PERS





Job Description Manajemen PERS
  • Top Manager (Pimpinan Umum)Orang pertama dalam suatu perusahaan Penerbitan Pers, mengendalikan perusahaan mulai dari bidang redaksional hingga bidang usaha.
  • Pemimpin Redaksi : Orang pertama yang bertanggung jawab atas semua isi penerbitan pers.
  • Sekretaris RedaksiPembantu pimred dalam hal administrasi redaksional.
  • Redaktur PelaksanaJabatan yang dibentuk untuk membantu pimred dalam redaksional, terutama dalam hal mengumpulkan berita, halaman, tanggapan atau komentar dari masyarakat.
  • RedakturBertanggung jawab atas isi, halaman surat kabar dan proses berita di Televisi.
  • WartawanOrang yg bertugas mencari,mengumpulkan dan mengolah informasi menjadi berita

PEMANFAATAN MEDIA ONLINE (INTERNET)
Manfaat online atau Internet terutama adalah untuk kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu.

Manfaat internet lainya adalah sebagai ;
  • Informasi untuk kehidupan pribadikesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohanisosial.
  • Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangansaham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnisberbagai forum komunikasi.
Website atau Situs

Situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi, gambar gerak, suara atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan link-link.

Unsur-Unsur Website atau Situs

Domain Name atau biasa disebut nama domain adalah alamat permanen situs di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah situs. Domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan situs pada dunia internet. Istilah yang umum digunakan adalah URL. Contohnya seperti  http//www.detik.com

Generic Domain (gTLDs)
Domain name yang berakhiran dengan .Com .Net .Org .Edu .Mil atau .Gov. Jenis domain ini sering juga disebut top level domain yang tidak berafiliasi berdasarkan negara, sehingga siapapun dapat mendaftar. Contoh ;
  • Ø.com : top level domain yang ditujukan untuk kebutuhan "commercial".
  • Ø.edu  : domain yang ditujukan untuk kebutuhan dunia pendidikan (education)
  • Ø.gov   : domain untuk pemerintahan (government)
  • Ø.mil   : domain untuk kebutuhan angkatan bersenjata (military)
  • Ø.org   : domain untuk organisasi atau lembaga non profit (Organization).
Country Spesific Domain
  • Domain yang berkaitan dengan dua huruf ekstensi, dan sering juga disebut second level domain, seperti .id(Indonesia), .au(Australia), .jp(Jepang) dan lain lain.
  • Domain ini dioperasikan dan di daftarkan dimasing negara.
  • Di Indonesia, domain-domain ini berakhiran, .co.id, .ac.id, .go.id, .mil.id, .or.id, dan pada akhir-akhir ini ditambah dengan war.net.id, .mil.id, dan web.id. 
Penggunan Domain di Indonesia
  • Ø.co.id : Untuk Badan Usaha yang mempunyai badan hukum sah
  • Ø.ac.id : Untuk Lembaga Pendidikan
  • Ø.go.id : Khusus untuk Lembaga Pemerintahan Republik Indonesia
  • Ø.mil.id : Khusus untuk Lembaga Militer Republik Indonesia
  • Ø.or.id : Untuk segala macam organisasi yand tidak termasuk dalam kategori "ac.id","co.id","go.id","mil.id" dan lain
  • Ø.war.net.id : untuk industri warung internet di Indonesia
  • Ø.sch.id : khusus untuk Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan seperti SD, SMP dan atau SMU
  • Ø.web.id : Ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di Worl Wide Web.
Hosting
  • Hosting :  ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data, file-file, gambar dan lain sebagainya yang akan ditampilkandi situs.
  • Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung dari besarnya hosting yang disewa/dipunyai, semakin besar hosting semakin besar pula data yang dapat dimasukkan dan ditampilkan dalam situs.
  • Hosting  diperoleh dengan menyewa yang  besarnya  ditentukan ruangan harddisk dengan ukuran MB(Mega Byte) atau GB(Giga Byte).
  • Lama penyewaan hosting rata-rata dihitung per tahun. Penyewaan hosting dilakukan dari perusahaan-perusahaan penyewa web hosting yang banyak dijumpai baik di Indonesia maupun Luar Negri.
Media Online 
  • Pengertian media online secara umum, yaitu segala jenis atau format media yang hanya bisa diakses melalui internet berisikan teks, foto, video, dan suara. Sarana komunikasi secara online melalui milist, blog, website, WA dan media sosial
  • Pengertian media online secara khusus adalah media yang menyajikan karya jurnalistik (berita, artikel, feature) secara online.
Karakteristik Media Online
  • Kapasitas luashalaman web bisa menampung naskah sangat panjang
  • Pemuatan dan editing naskah bisa kapan saja dan di mana saja.
  • Jadwal terbit bisa kapan saja bisa, setiap saat.
  • Cepat, begitu di-upload langsung bisa diakses semua orang.
  • Menjangkau seluruh dunia yang memiliki akses internet.
  • Aktual, berisi info aktual karena kemudahan dan kecepatan penyajian.
  • Update, pembaruan informasi terus dan dapat dilakukan kapan saja.
  • Interaktif, dua arah, danegaliterdengan adanya fasilitas kolom komentar, chat room, polling, dsb.
  • Terdokumentasi, informasi tersimpan di ”bank data” (arsip) dan dapat ditemukan melalui ”link”, ”artikel terkait”, dan fasilitascari” (search).
  • Terhubung dengan sumber lain (hyperlink)yang berkaitan dengan informasi tersaji.
Jurnalisme Online (Online Journalism)
  • Jurnalisme online merupakan proses penyampaian informasi dengan menggunakan media internet (website).  reporting of facts produced and distributed via the Internet.
  • Jurnalisme Online merupakan jurnalisme judul karena perilaku pembaca yang umumnya ”headline reader” atau ”lead reader” –perilaku yang juga berlaku bagi pembaca koran. Tubuh berita biasanya diformat dalam bentuk singkat dan padat. Kelengkapan informasi tetap terjaga karena adaberita/tulisan terkait” (linkage). 

PETA KONSENTRASI MEDIA DI INDONESIA (Prof. Merylna Lim, Arizona State University)

Penguasaan media atau yang biasa disebut dengan konglomerasi media di Indonesia masih berpusat pada duabelas kekuatan besar yakni ;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar