Media Massa (Mass Media) sering disingkat jadi “media” saja adalah channel, media/medium, saluran, sarana, atau alat yang dipergunakan dalam proses komunikasi massa, yakni komunikasi yang diarahkan kepada orang banyak (channel of mass
communication). Komunikasi massa sendiri merupakan kependekan dari komunikasi melalui media massa (communicate with media).
Jenis
Media Massa :
- Media massa adalah “sarana penyampai pesan yang berhubungan langsung dengan masyarakat luas misalnya radiio, televisi, dan surat kabar”.
- Media Massa berasal dari bahasa Inggris yaitu mass yang berarti kelompok atau kumpulan. Dengan demikian, pengertian media massa adalah perantara atau alat-alat yang digunakan oleh massa dalam hubungannya satu sama lain (Soehadi, 1978:38).
- Yang termasuk media massa terutama adalah surat kabar, majalah, radio, televisi, dan film sebagai The Big Five of Mass Media (Lima Besar Media Massa), juga internet (cybermedia, media online).
1. Media Massa Cetak
(Printed Media).
Media massa yang
dicetak dalam lembaran kertas. Dari
segi formatnya dan ukuran kertas,media massa cetak secara rinci meliputi :
- Koran atau Suratkabar (ukuran kertas broadsheet 7 kolom)
- Tabloid (1/2 broadsheet)
- Majalah (1/2 tabloid atau kertas ukuran folio/kwarto)
- Buku (1/2 majalah)
- Newsletter (folio/kwarto, jumlah halaman lazimnya 4-8)
- Buletin (1/2 majalah, jumlah halaman lazimnya 4-8).
Isi media
massa umumnya terbagi tiga bagian atau tiga jenis tulisan: berita, opini, dan
feature.
2. Media Massa Elektronik (Electronic Media)
Jenis media massa yang isinya disebarluaskan melalui suara dan gambar dengan menggunakan teknologi elektro, seperti radio, televisi dan film.
3. Media Online (Online Media)
Yakni
media massa yang
dapat kita temukan di
internet (situs
web).
Peran Media Massa (Denis McQuail)
Peran Media Massa (Denis McQuail)
- Industri pencipta lapangan kerja, barang, dan jasa serta menghidupkan industri lain utamanya dalam periklanan/promosi.
- Sumber kekuatan –alat kontrol, manajemen, dan inovasi masyarakat.
- Lokasi (forum) untuk menampilkan peristiwa masyarakat.
- Wahana pengembangan kebudayaan –tatacara, mode, gaya hidup, dan norma.
- Sumber dominan pencipta citra individu, kelompok, dan masyarakat.
- SIUPP : Surat Ijin Usaha Penerbitan Pers
Karakteristik Media Massa
- Publisitas : disebarluaskan kepada publik, khalayak, atau orang banyak.
- Universalitas : pesannya bersifat umum, tentang segala aspek kehidupan dan semua peristiwa di berbagai tempat, juga menyangkut kepentingan umum karena sasaran dan pendengarnya orang banyak (masyarakat umum).
- Periodisitas : tetap atau berkala, misalnya harian atau mingguan, atau siaran sekian jam per hari.
- Kontinuitas : berkesinambungan atau terus-menerus sesuai dengan priode mengudara atau jadwal terbit.
- Aktualitas : berisi hal-hal baru, seperti informasi atau laporan peristiwa terbaru, tips baru, dan sebagainya. Aktualitas juga berarti kecepatan penyampaian informasi kepada publik.
Fungsi Media Massa (Harold D. Laswell)
- Informasi (to inform)
- Mendidik (to educate)
- Menghibur (to entertain)
Fungsi Media (UU. No. 40 Tahun 1999 Tentang PERS)
- Menginformasikan (to inform)
- Mendidik (to educate)
- Menghibur (to entertain)
- Pengawasan Sosial (social control) ; pengawas perilaku publik dan penguasa.
Unsur Pers
- Medianya : Suratkabar, majalah, dan telvisi dalam menyampaikan informasi. Cara penyampaian berbeda.
- Isinya : surat kabar menjual kolom dan iklan, televisi menjual waktu yang diisi program dan sponsor.
- SDMnya : Pekerja pers (redaktur,wartawan, fotografer, disainer, kartunis dan printer)
Pengertian
- Penerbitan pers cetak adalah: persuratkabaran yaitu lembaga mengelola informasi terdiri dari fakta dan opini yang disajikan kepada masyarakat sebagai salah satu komoditi.
- Pers secara melembaga dapat dikelola secara organisasi, punya tata laksana, dan tata administrasi.
Pengertian Manajemen
Berasal dari Bahasa Inggris Management
dan
Italia manaj
(iare)
berarti memimpin, membimbing dan mengatur. Manajemen terdiri atas POAC
(planning, Organizing, Acting,Controling.
- Planning: penetapan tujuan, penetapan aturan, penyusunan rencana.
- Organizing: pembentukan bagian-bagian, pembagian tugas,pengelompokan pegawai.
- Acting: melaksanakan tugas, memproduksi, mengemas produk, menjual produk dan selanjutnya.
- Controling: pelaksanaan tugas, menyeleksi produk, mengevaluasi penjualan.
Manusia membutuhkan media massa karena ;
- Mengetahui apa yang penting dan perlu
- Membantu mengambil Keputusan
- Memperoleh informasi
- Memberikan perasaan ikut serta dalam kejadian
- Memberikan penguatan atas pendapat
- Mencari konfirmasi
- Memperoleh rileksasi dan hiburan
Pengusaha Media Massa Harus Memperhatikan :
- Keinginan kastemer (Pembaca)
- Kecendrungan Perubahan sosial
- Kiat-kiat kompetitor
- Mengamati perubahan teknologi, ekonomi, politik dan sosial
Langkah Efektif Dalam Penataan Ulang Proses Bisnis Penerbitan PERS
- Memulai dari TOP Management
- Merapatkan barisan pelaksana tingkat middle management.
- Membentuk tim evaluasi pengembangan usaha yg terdiri dari ; Manajemen tingkat menengah, Manajemen kebawah dan Tim khusus
Manajemen yang Sehat :
- Peluang usaha
- Kemampuan Sumberdaya Manusia
- Perhitungan Modal
- Unsur-Unsur Depresiasi lain di Perusahaan.
Langkah Efektif Dalam Penataan Ulang
Proses Penerbitan Pers :
- Memulai dari top management.
- Manajer harus meningkatkan pembinaan terhadap staf-staf yang menolak perubahan organisasi.
- Membentuk tim evaluasi pengembangan usaha yang terdiri dari kelompok mencakup manajemen tingkat menengah, manajemen tingkat bawah dan tim khusus.
Pendapatan Penerbitan PERS bersumber dari :
1. Menjual Produk
- Penjualan tetap (langganan)
- Penjualan tidak tetap(retail/eceran)
- Penjualan secara
barter (tukar barang)
2. Menjual Kolom
3. Menjual jasa
Struktur Manajemen PERS
Job Description Manajemen PERS
- Top Manager (Pimpinan Umum) : Orang pertama dalam suatu perusahaan Penerbitan Pers, mengendalikan perusahaan mulai dari bidang redaksional hingga bidang usaha.
- Pemimpin Redaksi : Orang pertama yang bertanggung jawab atas semua isi penerbitan pers.
- Sekretaris Redaksi : Pembantu pimred dalam hal administrasi redaksional.
- Redaktur Pelaksana : Jabatan yang dibentuk untuk membantu pimred dalam redaksional, terutama dalam hal mengumpulkan berita, halaman, tanggapan atau komentar dari masyarakat.
- Redaktur : Bertanggung jawab atas isi, halaman surat kabar dan proses berita di Televisi.
- Wartawan : Orang yg bertugas mencari,mengumpulkan dan mengolah informasi menjadi berita
PEMANFAATAN MEDIA ONLINE (INTERNET)
Manfaat online atau Internet terutama adalah untuk kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu.
Manfaat internet lainya adalah sebagai ;
- Informasi untuk kehidupan pribadi : kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial.
- Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.
Website atau Situs
Situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi, gambar gerak, suara atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang
membentuk satu rangkaian bangunan yang
saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan
link-link.
Unsur-Unsur Website atau Situs
Domain
Name atau biasa disebut nama
domain adalah alamat permanen situs di dunia
internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah situs.
Domain name adalah alamat yang
digunakan untuk menemukan situs pada dunia
internet. Istilah yang
umum digunakan adalah URL. Contohnya seperti http//www.detik.com
Generic Domain (gTLDs)
- Ø.com : top level domain yang ditujukan untuk kebutuhan "commercial".
- Ø.edu : domain yang ditujukan untuk kebutuhan dunia pendidikan (education)
- Ø.gov : domain untuk pemerintahan (government)
- Ø.mil : domain untuk kebutuhan angkatan bersenjata (military)
- Ø.org : domain untuk organisasi atau lembaga non profit (Organization).
Country Spesific Domain
- Domain yang berkaitan dengan dua huruf ekstensi, dan sering juga disebut second level domain, seperti .id(Indonesia), .au(Australia), .jp(Jepang) dan lain lain.
- Domain ini dioperasikan dan di daftarkan dimasing negara.
- Di Indonesia, domain-domain ini berakhiran, .co.id, .ac.id, .go.id, .mil.id, .or.id, dan pada akhir-akhir ini ditambah dengan war.net.id, .mil.id, dan web.id.
- Ø.co.id : Untuk Badan Usaha yang mempunyai badan hukum sah
- Ø.ac.id : Untuk Lembaga Pendidikan
- Ø.go.id : Khusus untuk Lembaga Pemerintahan Republik Indonesia
- Ø.mil.id : Khusus untuk Lembaga Militer Republik Indonesia
- Ø.or.id : Untuk segala macam organisasi yand tidak termasuk dalam kategori "ac.id","co.id","go.id","mil.id" dan lain
- Ø.war.net.id : untuk industri warung internet di Indonesia
- Ø.sch.id : khusus untuk Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan seperti SD, SMP dan atau SMU
- Ø.web.id : Ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di Worl Wide Web.
Hosting
- Hosting : ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data, file-file, gambar dan lain sebagainya yang akan ditampilkandi situs.
- Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung dari besarnya hosting yang disewa/dipunyai, semakin besar hosting semakin besar pula data yang dapat dimasukkan dan ditampilkan dalam situs.
- Hosting diperoleh dengan menyewa yang besarnya ditentukan ruangan harddisk dengan ukuran MB(Mega Byte) atau GB(Giga Byte).
- Lama penyewaan hosting rata-rata dihitung per tahun. Penyewaan hosting dilakukan dari perusahaan-perusahaan penyewa web hosting yang banyak dijumpai baik di Indonesia maupun Luar Negri.
- Pengertian media online secara umum, yaitu segala jenis atau format media yang hanya bisa diakses melalui internet berisikan teks, foto, video, dan suara. Sarana komunikasi secara online melalui milist, blog, website, WA dan media sosial
- Pengertian media online secara khusus adalah media yang menyajikan karya jurnalistik (berita, artikel, feature) secara online.
- Kapasitas luas –halaman web bisa menampung naskah sangat panjang
- Pemuatan dan editing naskah bisa kapan saja dan di mana saja.
- Jadwal terbit bisa kapan saja bisa, setiap saat.
- Cepat, begitu di-upload langsung bisa diakses semua orang.
- Menjangkau seluruh dunia yang memiliki akses internet.
- Aktual, berisi info aktual karena kemudahan dan kecepatan penyajian.
- Update, pembaruan informasi terus dan dapat dilakukan kapan saja.
- Interaktif, dua arah, dan ”egaliter” dengan adanya fasilitas kolom komentar, chat room, polling, dsb.
- Terdokumentasi, informasi tersimpan di ”bank data” (arsip) dan dapat ditemukan melalui ”link”, ”artikel terkait”, dan fasilitas ”cari” (search).
- Terhubung dengan sumber lain (hyperlink)yang berkaitan dengan informasi tersaji.
Jurnalisme Online (Online Journalism)
- Jurnalisme online merupakan proses penyampaian informasi dengan menggunakan media internet (website). reporting of facts produced and distributed via the Internet.
- Jurnalisme Online merupakan jurnalisme judul karena perilaku pembaca yang umumnya ”headline reader” atau ”lead reader” –perilaku yang juga berlaku bagi pembaca koran. Tubuh berita biasanya diformat dalam bentuk singkat dan padat. Kelengkapan informasi tetap terjaga karena ada ”berita/tulisan terkait” (linkage).
Penguasaan media atau yang biasa disebut dengan konglomerasi media di Indonesia masih berpusat pada duabelas kekuatan besar yakni ;
Tidak ada komentar:
Posting Komentar